Saturday, February 4, 2017

Published 4:17 AM by with 0 comment

BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR DENGAN CARA MINA PADI

A.  Pengertian
Mina padi berasal dari kata mina yang artinya ikan dan padi yang berarti padi itu sendiri. Jadi mina padi merupakan suatu budidaya ikan yang dilakukan di sela sela tanaman padi. Ikan yang dapat di budidayakan dengan cara ini adalah ikan mas, ikan nila, karper, mujair, dan ikan air tawar lainya. Tetapi Ikan nila yang paling cocok digunakan untuk mina padi karena ikan ini dapat tumbuh dengan baik walaupun di dalam air yang dangkal serta lebih tahan terhadan paparan sinar matahari. Mina padi dapat dikatakan sebagai tumpang sari sebab minapadi memanfaatkan  setiap ruang pada suatu lahan untuk meningkatkan efisiensi penggunaan lahan dengan tujuan meningkatkan penghasilan. Kedua sistem usaha ini sama sama memanfaatkan suatu lahan untuk budidaya dua komoditas sekaligus.
B.     Keuntungan melakukan budidaya minapadi
Melakukan budidaya mina padi ini ada keuntungan dan kelebihannya. Keuntungan tersebut antara lain:
·         Bisa menekan biaya produksi, baik untuk pembuatan kolam atau pakan ikan sehari-hari. Karena ikan dapat mendapatkan pakan alami. Sehingga hanya membutuhkan sedikit pelet.
·         Mendapakan keuntungan ganda dari kedua komoditas tersebut
·         Tumbuhan padi lebih subur karena dapat pupuk organik dari kotoran ikan
·          Menghindarkan tanaman padi dari hama
C.    APLIKASI


Persiapan lahan
Tahap pertama yang harus dilakukan pada budidaya minapadi yaitu mempersiapkan lahan persawahan. Persiapan tersebut yaitu diantaranya pembuatan pematang sawah, pembuatan kamalir/selokan/caren, pembuatan saluran pembuangan dan pemasukan air, pembuatan kolam dan pengolahan tanah.
 Pemupukan
Pemupukan dilakukan dengan tujuan untuk menambah kesuburan tanah dan menumbuhkan plankton plankton sebagai pakan alami ikan. Pemupukan Dasar. Pupuk kandang/kotoran ayam. Pemupukan Susulan. Pupuk susulan berupa 50 kg/ha Urea, diberikan 2 minggu kemudian dengan cara ditebar .
Pemilihan Varietas Padi dan Bibit ikan
Varietas padi yang cocok untuk sistem minapadi adalah yang mempunyai karakteristik yaitu perakaran dalam, cepat beranak, bertunas batang kuat dan tidak mudah rebah,.Tahan genangan pada awal pertumbuhan. Daun tegak untuk Varietas padi tahan hama dan penyakit.
Adapun kriteria benih ikan yang cocok untuk minapadi yaitu
Tahan terhadap goncangan lingkungan dan penyakit, Memiliki pertumbuhan cepat, Disukai konsumen,Nilai ekonominya tinggi dan Diutamakan yang tidak berwarna cerah untuk menghindari serangan hama terutama hama burung.
Penebaran Benih Ikan
Penebaran dapat dilakukan pada sore atau pagi hari dengan tujuan untuk menghindari suhu air yang terlalu panas dan menghindari pestisida atau obat obatan. Penebaran dilakukan 30 Hari setelah padi ditanam dan diberi pupuk. Jumlah benih ikan tebar padat dengan ukuran 5-8 cm kurang lebih berjumlah 1000 - 2000 ekor/Hektar.
Pemeliharaan ikan
Periode pemberian pakan sebaiknya dilakukan 2 kali sehari pada waktu pagi dan sore hari. Untuk memelihara kesuburan padi maka dapat diberikan pupuk kandang setelah ikan berumur 2-3 minggu, dengan cara ditebar. Dosis yang digunakan kurang lebih 0,25 kg/m2.
Pemanenan
Pemanenan dilakukan bersamaan dengan pemanenan padi. Yaitu saat panen yang paling tepat adalah ketika 90% gabah menguning. Panen ikan dilakukan terlebih dahulu. Sekitar  10 hari sebelum panen padi dengan cara mengeringkan petakan sawah. Setelah air surut maka ikan akan terkumpul pada kamalir/parit. Ikan yang ada dalam Parit kemudian digiring menuju ke bak penampungan. Ikan-ikan yang tertangkap ditampung di tempat penampugan yang berisi air bersih.

Sumber:
http://www.mongabay.co.id/wp-content/uploads/2015/02/Mina-padi-dapat-menakan-kenaikan-gas-rumah-kaca.-Photo-by-Tommy-Apriando-7.jpg







      edit

0 komentar:

Post a Comment