Monday, August 24, 2015

Published 1:18 AM by with 0 comment

Fakta Menarik Mengenai Omega 3


H
ello cebonkers??? Ngomongin ikan, pasti gak jauh-jauh tentang beragam manfaatnya. Yap salah satunya kandungan omega 3 yang baik bagi kesehatan. Tapi kalian tau gak sih apa itu Omega 3? Nah kali ini kita bakal ngebahas mengenai apa sih Omega 3 itu? Dan kenapa bisa baik ya buat kesehatan? Buat yang kepo, yuk mari menyimak..…

Nah Omega 3 itu ternyata salah satu jenis lemak tak jenuh yang baik dan juga diperlukan oleh tubuh, karena mengandung komponen yang penting seperti DHA dan EPA guys.  Oya for your information nih, Omega 3 itu cuma bisa diperoleh dari asupan makanan, baik suplemen maupun sumber makanan seperti ikan tuna, ikan salmon, makarel, haring, ikan sarden, tenggiri, minyak kanola, walnut, kacang kenari, dll. 
Nah berikut beberapa manfaat omega 3 untuk kesehatan tubuh, diantaranya:
  1. Menurunkan resiko penyakit jantung, karena membuat organ arterial menjadi lebih elastis.
  2. Menurunkan kadar kolesterol tinggi, lewat penelitian yang pernah dilakukan rutin mengkonsumsi ikan yang kaya omega 3 sangat bermanfaat untuk meningkatkan kolesterol baik dan juga terbukti dapat menurunkan kadar trigliserida dan LDL dalam darah.
  3. Meningkatkan kesehatan otak, karena sangat mempengaruhi perkembangan membran sel dalam sistem neurologis di dalam otak, selain itu omega 3 mampu meningkatkan daya ingat.
  4. Anti inflamasi, omega 3 sangat baik untuk membantu memulihkan kondisi penyakit seperti eksim, psoriasis, asma dan juga radang sendi.
  5. Mengurangi resiko pembekuan darah, omega 3 dapat membantu untuk menurunkan resiko pembekuan darah sehingga dapat membantu mengurangi resiko terjadinya penyumbatan pembuluh darah penyebab stroke.
  6. Baik untuk wanita hamil, omega 3 sangat penting untuk meningkatkan kesehatan mental dan fisik pada bayi yang sedang dikandung.
  7. Mencegah penyakit alzheimer, untuk orang yang sering mengkonsumsi omega 3 setiap hari terbukti dapat menurunkan resiko terkena penyakit alzheimer.
  8. Baik untuk penderita diabetes, omega 3 baik juga dikonsumsi untuk penderita diabetes karena menurut penelitian omega 3 dapat menurunkan risiko penyakit diabetes sebesar 2x lipat
  9. Membantu penyerapan vitamin, dengan mengkonsumsi omega 3 maka sangat membantu dalam hal penyerapan vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A,D,E dan K.

Wah canggih banget ya si Omega 3 ini? So buat kamu yang mau dapetin manfaatnya, bisa konsumsi ikan yang kaya akan Omega 3. Eh tapi jangan terlalu berlebihan ya, karena jika dikonsumsi berlebihan justru  dapat menimbulkan efek samping yang bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh kita loh. Wihh serem yaa? Wait tapi jangan kawatir, The Institute of Medicine telah merekomendasikan takaran untuk mengkonsumsi omega 3, yaitu  sebanyak 1,6 gram untuk pria dewasa dan 1,1 gram untuk wanita dewasa, dosis tersebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan omega 3 setiap harinya. SO HIDUP SEHAT KENAPA ENGGA? MAKAN IKAN, PASTI KAYA MANFAAT  Oke jangan lupa pantau terus blog UPK KECEBONK buat dapetin info-info menarik seputar dunia perikanan. Keep #kreatif_inovatif guys 

This post created by:
 Like Viantika Jala


      edit

0 komentar:

Post a Comment