Saturday, May 7, 2016

Published 10:13 PM by with 0 comment

ANEKA OLAHAN DAGING IKAN LELE

Pengen makan ikan tapi bosen cuma itu-itu aja? Nah kali ini kita akan ngomongin aneka olahan daging ikan, yaitu ikan lele. For your information, sekarang ini banyak sekali produk inovatif olahan ikan yang ada. So, buat kamu yang pengen makan lele tapi takut sama bentuk aslinya, bisa banget nih cobain produk-produk berikut ini. Keep on reading yaaaa............Lele merupakan ikan yang sangat banyak dibudidayakan oleh masyarakat luas. Ikan ini merupakan ikan ekonomis tinggi karena permintaan pasarnya pun cukup tinggi. Ikan ini hampir tidak kehabisan masa kejayaan karena selalu laku hampir di tiap waktu. Selain mudah dibudidayakan, ternyata ikan ini bisa diolah menjadi aneka makanan yang menarik. Pengolahan daging lele ini bertujuan menambah harga jual ikan lele sehngga dapat meningkatkan pendapatan pembudidaya atau pengusaha ikan lele. Beberapa olahan daging lele antara lain :
a.      Kerupuk Ikan Lele
Kerupuk ikan lele merupakan daging olahan lele yang renyah dan juga ringan. Makanan ini dapat menjadi snack camilan dan juga sebagai teman saat makan. Selain rasanya enak dan gurih, kerupuk ini pun tahan lama dan mudah dibawa kemana-mana. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan kerupuk lele yaitu daging ikan lele tanpa tulang 500g, tepung tapioka 500g, minyak goreng secukupnya, air 100 ml, gula secukupnya, garam secukupnya, telur bebek 2 butir, plastik pembungkus, dan tali karet atau benang.


b.      Nugget Lele
Nugget ikan lele merupakan alternatif lauk pauk untuk anak yang enggan makan ikan. Nugget ikan disajikan dengan dilapisi tepung. Nugget ini tidak hanya cocok untuk anak-anak, namun juga untuk orang dewasa karena rasanya yang enak, gurih, dan juga praktis. Bahan-bahan yang diperlukan untuk pembuatan nugget lele yaitu ikan lele 250 g, telur 1 butir, tepung roti 25 g, bawang putih 2 siung, keju 50 g, kecap 1 sendok makan, minyak goreng secukupnya, bahan pencelup sebelum digoreng, tepung roti 25 g, telur 1 butir.

c.       Abon Lele
Abon lele merupakan salah satu produk olahan ikan lele yang digunakan sebagai salah satu cara pengawetan ikan lele. Rasa abon lele pun dapat divariasi sehingga dapat menambah cita rasa dan juga minat para pembeli/konsumen Abon ikan lele dapat dijadikan camilan atau sebagai pelengkap makan. Bahan-bahan yang diperlukan untuk pembuatan abon lele yaitu ikan lele 5 kg, gula merah 200g,kelapa 7 butir, bawang merah 200g, bawang putih 100g, ketumbar 40g, cabai merah 50g, minyak goreng secukupnya.



Demikian sekilas info mengenai cara pengolahan daging ikan lele. Semoga informasi diatas dapat menjadi inspirasi untuk para pembaca. Semoga bermanfaat. Terimakasih! J


Sumber : https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=230848616994230&id=126834140729012

      edit

0 komentar:

Post a Comment