Friday, January 20, 2017

Published 3:41 AM by with 0 comment

AQUAPONIK PERPADUAN AQUACULTURE DENGAN HIDROPONIK

Keterbatasan lahan terutama didaerah perkotaan merupakan hambatan bagi anda yang hobi berbudidaya. Salah satu alternatif dalam menghadapi keterbatasan lahan berbudidaya adalah dengan cara aquaponik. Aquaponik merupakan kombinasi antara hidroponik dengan aquakultur. Dengan teknik ini, kita dapat memanfaatkan lahan yang terbatas untuk memelihara atau mengembangkan tanaman serta ikan secara bersamaan, dalam tempat dan waktu yang bersamaan.
  

Jika dijabarkan siklusnya, dalam proses aquakultur, ada sisa pakan yang dihasilkan ikan dalam bentuk feses yang terakumulasi di dalam air. Feses dengan kandungan nitrat dan amonia ini bersifat toksin atau beracun bagi ikan, namun sebenarnya kaya nutrisi jika dijadikan sumber hara bagi tanaman. Pada saat nitrat telah terserap oleh tanaman sebagai bahan makanan, di waktu yang bersamaan tanaman menyuling air dari bahan berbahaya yang kemudian kembali ke kolam ikan.
Berikut merupakan beberapa desain model aquaponik yang dapat dibuat di rumah:
   

  
Ketiga media sistem aquaponik ini rata-rata dapat bertahan hingga 10 tahun pemakaian dan menghabiskan sekitar Rp. 5-10 juta untuk biaya pembuatannya. Dengan menggunakan model tersebut, kita dapat membudidayakan sekitar 500-4000 ekor ikan dan 20-200 lubang tanaman. Tentunya kita juga bisa membuat aquaponik versi lebih kecil dengan biaya pembuatan yang lebih ekonomis.
Untuk jenis sayuran yang dapat kita tanam seperti tomat, selada, kemangi, buncis, sawi, stroberi, hingga rempah-rempah bumbu dapur. Sementara itu jenis ikan-ikan yang dapat kita pelihara adalah jenis air tawar seperti ikan mas,ikan nila, ikan lele, ikan patin, belut, hingga lobster air tawar.
Bagaimana, Sahabat Kecebonk? Tertarik membuat aquaponik di rumah? Keterbatasan lahan tidak menghambatmu untuk berhenti berbudidaya. Selain bisa dinikmati untuk konsumsi sehari-hari, peluang ini juga bisa mendatangkan keuntungan bagi kita, bukan?. Semoga informasi yang kami berikan dapat berguna bagi Anda. Terus kunjungi blog Kecebonk untuk mendapatkan informasi serta tips seputar budidaya dan wirausaha yaaaaa.


      edit

0 komentar:

Post a Comment